Google Analityc

Monday, July 25, 2016

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini


Manusia terlahir dengan segala kelemahan. Dia tidak bisa terbang seperti burung. Dia tidak bisa merayap di dinding seperti laba-laba. Atau begitu perkasanya seperti semut yang bisa mengangkat benda yang beratnya 1.000 kali berat tubuhnya.



Anda bisa bayangkan kalau berat anda 50 Kg, maka anda bisa mengangkat benda seberat 50.000 kg atau 5 ton.

Bahkan untuk menghangatkan tubuhnya, manusia harus mengambil kulit dari binatang lain. Sungguh makhluk yang tidak berdaya. Tetapi tuhan mengkaruniai manusia dengan sesuatu yang luar biasa, yaitu akal.

Akal ini berasal dari organ tubuh yang bernama otak neo cortex. Otak neo cortex ini berfungsi untuk memahami sesuatu dengan cepat, memodifikasi, memanipulasi dan menciptakan sesuatu. Dari sinilah penemuan-penemuan hebat tercipta.

Burung bisa terbang sejak jutaan tahun yang lalu, tapi manusia dengan akalnya bisa terbang lebih tinggi dan lebih lama daripada burung dengan penemuannya bernama pesawat terbang. Penemuan ini juga tidak langsung ada, tetapi melalui proses yang panjang. Perlu waktu tahunan penelitian supaya bisa membuat pesawat terbang dengan bentuk seperti ini.

Waktu itu, ilmuwan dari eropa dan amerika berlomba-lomba untuk membuat penemuan. Dari bola lampu sampai pembangkit listrik. Ilmuwan berkeyakinan bahwa, di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Manusia hanya tidak tahu caranya. Maka dari itu kita akan mencari cara supaya bisa melakukannya.

Dari cerita ini saya yakin sepenuh hati, kalau manusia itu sungguh makhluk yang luar biasa. Dengan tekad yang membara dan keyakinan maka dia bisa melakukan semua hal, bahkan yang tidak mungkin sekalipun.

Analogi yang sama juga harus kita tanamkan sedini mungkin kepada anak-anak kita. Saat mereka kesulitan belajar disekolah. Bertemu dengan soal matematika yang menurut mereka sangat rumit untuk diselesaikan. Yakinkan mereka, bahwa tidak ada yang tidak mungkin, kita hanya tidak tahu caranya. Cari caranya bersama-sama dengan anak anda. Maka mereka akan belajar, untuk tidak menyerah dalam kondisi tersulitpun.

Inilah sebenarnya salah satu fungsi dari sekolah. Sekolah adalah tempat untuk membentuk karakter anak kita. Bukan menguasai mata pelajaran hal yang paling utama, tetapi menumbuhkan sifat pantang menyerah itu yang utama. Dengan memiliki sifat pantang menyerah, kesulitan apapun pasti bisa dijalani.

Kesimpulannya, saya merangkumnya menjadi sebuah quote :

"Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, kita hanya tidak tahu cara melakukannya. Dulu kita bermimpi untuk terbang, sekarang kita bisa terbang lebih tinggi daripada burung"


No comments:

Post a Comment