Google Analityc

Saturday, July 23, 2016

Jaman Teknologi


Seorang anak muda 22 tahun, kelahiran Bangladesh, ahli komputer yang tinggal di New York, membuat website untuk dipakai orang2 secara gratis, tidak menarik beaya apa2, untuk membuat orang mencari harga tiket pesawat termurah, yang caranya unik.


Tiket pesawat memiliki pola yang unik. Misalkan anda mau berangkat dari New York ke Lake Tahoe, karena sedang mempromosikan route ini harga tiket cukup murah, padahal pesawat transit di San Franciso. Anda membeli tiket New York sampai Lake Tahoe, tapi pada saat transit di San Francisco anda turun dan membuang sisa tiket anda. Nah pola ini mungkin jarang terjadi di Indonesia, tetapi di Amerika sangat umum.

Teknisnya ini disebut “hidden city” karena di tiket tidak ada nama kota itu. Dan sudah diketahui banyak orang. Dulu Surabaya ke Taipei naik Cathay Pacific lebih murah daripada Surabaya Hongkong, padahal ke Taipei harus transit di Hongkong. Tetapi anda tidak boleh membawa bagasi, karena bagasi akan sampai Taipei.

Dengan teknologi semua penerbangan datanya dengan mudah masuk dalam sebuah website, dan kita bisa membandingkan mana yang termurah untuk mencapai kota tertentu. Website ini tidak menjual tiket hanya menunjukkan saja kemana anda beli tiket apa.

Beberapa maskapai langsung berang dan menuntut secara hukum, menuntut denda 75.000 USD, tujuannya tentu supaya website itu tidak memberikan info ini ke pada kalayak ramai. Lucunya, Arkater Zaman, membuka sumbangan orang untuk menanggulangi beaya ini, dan sudah mendapatkan sumbangan orang 78.000 USD. Jadi bila dituntut, kalau harus bayarpun, dibayar orang banyak. Croudsourcing. Orang2 yang kasihan pada anak muda 22 tahun ini, dan berang dengan galaknya perusahaan besar, mau menyumbang ramai2.

Menurut para ahli, ini sebenarnya legal, dan sulit dicegah, semua orang tahu hal ini. Cuma dengan teknologi jadi mudah sekali mencarinya. Dan kalaupun website ini ditutup, dengan mudah orang lain akan bisa membuat yang sama. Inilah jaman teknologi, semua bisa berubah dengan cepat. Semua market menjadi semakin efisien.

Teknologi akan merubah cara kita berbisnis, dan segalanya menuju efisiensi yang terbaik. Mulai lelang barang di eBay, taxi Uber, sampai sewa menyewa apartment pribadi, www.airbnb.com, juga memaksimalkan market dengan teknologi. Semakin lama, dunia semakin efisien, market semakin terkena pengaruh digital.

Jadi apa yang bisa anda effisienkan dengan teknologi yang ada sekarang?

disadur dari bisnis wisdom tanadi santoso

No comments:

Post a Comment